Monday, June 27, 2016

Bahaya Memakai Kipas Angin Saat Tidur Malam

Baca Juga


Gerdusehat.com - Mungkin banyak dari beberapa orang tidak bisa tidur pada malam hari karena suhu yang cenderung panas, sehingga membutuhkan kipas angin untuk menurunkan suhu ruangan supaya tidur pada malam hari terasa nyaman.


Hidup di negara beriklim tropis seperti indonesia mempunyai suhu yang cenderung panas, baik pada siang hari maupun pada malam hari. 

Gerdusehat.com

Membiarkan kipas angin menyala sepanjang malam memang bisa memberikan tidur yang nyenyak dan pulas. Namun yang perlu anda ketahui jika anda menggunakan kipas angin saat tidur ternyata bisa membahayakan kesehatan pada tubuh bahkan bisa juga berujung pada kematian.


Memang Kipas angin dapat membuat suhu ruangan menjadi dingin dan terasa sejuk, tetapi kipas angin cenderung tidak dapat membuat penyaringan udara yang baik sehingga banyak sekali kuman atau bakteri yang mengarah pada tubuh kita yang disalurkan oleh kipas angin.


Saluran pernapasan biasanya menjadi ancaman utama yang disebabkan karena kebiasaan menggunakan kipas angin saat tidur. Banyak yang mengatakan jika sudah menjadi kebiasaan memakai kipas angin saat tidur akan mengalami sesak nafas.


Tubuh yang terlalu lama terkena kipas angin akan mengalami hipotermia dan tubuh akan terasa kehilangan cairan. Selain itu juga bisa mengakibatkan kematian karena tubuh mengalami kejenuhan kosentrasi dan penurunan konsentrasi oksigen.


Pada saat tidur kita biasanya mengeluarkan keringat yang mempunyai banyak racun, tetapi dengan memakai kipas angin saat tidur justru bisa membuat pori-pori mengecil dan keringat tidak bisa keluar. Selain itu kipas angin bisa memicu ketidakseimbangan tubuh, sehingga aktivitas tubuh menjadi terganggu, otot otot bisa mengalami kekakuan dan terasa nyeri. 


Jika anda benar benar tidak bisa tidur karena gerah, solusi yang baik yaitu menyalakan kipas angin tetapi pintu kamar wajib dibiarkan terbuka untuk menghindari kejenuhan karbondioksida dalam ruangan dan sirkulasi udara bisa berfungsi dengan baik.


Selain itu anda bisa menggunakan cara lain yaitu mengarahkan kipas kearah tembok kamar tidur untuk dipantulkan, sehingga suhu ruangan akan menjadi lebih sejuk.

Artikel Terkait

Bahaya Memakai Kipas Angin Saat Tidur Malam
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email