Wednesday, June 8, 2016

Awas Bahaya! Tidur Setelah Sahur Bisa Menimbulkan Penyakit, Sebarkan

Baca Juga


Gerdusehat.com - Banyak orang setelah sahur memilih untuk tidur kembali, hal ini sangat di sayangkan. Tidur setelah sahur sangat tidak baik untuk kesehatan dan bisa menimbulkan beberapa penyakit. Saluran pencernaan belum bisa memproses makanan dengan maksimal, terutama lambung.


Makanan baru sampai ke lambung akan berbalik arah menuju kerongkongan, terdapat asam lambung yang terbawa makanan tersebut. Ada beberapa jenis makanan yang bisa di cerna dengan mudah yaitu kentang dan nasi. Adapun sebaliknya, makanan yang sulit di cerna seperti gorengan, daging.

Gerdusehat.com

Dampak dari makanan yang belum 100% di cerna oleh tubuh yaitu kerongkongan akan terasa kering, bisa membuat orang merasa mual, mulas. Bahkan bis muntah muntah karena ada makanan yang berbalik arah. Tentu hal ini akan semakin parah jika orng menderita penyakit tungkak lambung atau maag.


Selain itu, tidur setelah sahur atau makan juga mengakibatkan munculnya beberapa penyakit. Berikut ini penyakit jika setelah sahur atau makan langsung tidur:

  • Refluks
Penyakit Refluks Gastroesofagus merupakan kelainan saluran cerna bagian atas dari katup antara lambung dan kerongkongan. Di indonesia penyakit ini sering tidak terdiagnosis oleh Dokter bila belum menimbulkan keluhan yang berat. Penyakit Refluks adalah peristiwa masuknya isi lambung kedalam esofagus yang terjadi secara interminten pada setiap orang terutama setelah makan.

  • Sakit Ulu Hati
Penyakit nyeri ulu hati yaitu masalah yang sering di jumpai masyarakat. Tetapi jika sering mengalami nyeri ulu hati sebaiknya hati-hati, karena bisa jadi tanda dari radang kndung empedu. Selain itu juga bisa berasal dari bagian tubuh lain seperti liver, kantung empedu, pankreas, usus 12 jari bahkan bisa berhubungan dengan serangan jantung.


Dari beberapa penyakit di atas terdapat solusi yaitu sebaiknya anda tidak langsung tidur setelah sahur, berikan jarak sekitar 1-2 jam untuk tidur kembali. waktu tersebut bisa anda gunakan untuk beribadah atau olahraga dengan berjalan jalan sebentar.


Jika anda benar benar tidak kuat menahan rasa ngantuk. Anda bisa tidur menggunakan bantal yang tinggi karena dapat menegah gaya gravitasi yang membuat makanan dari lambung berbalik kearah kerongkongan. Selain itu dapat tidur setengah duduk atau tidak berbaring.

Artikel Terkait

Awas Bahaya! Tidur Setelah Sahur Bisa Menimbulkan Penyakit, Sebarkan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email