Wednesday, June 15, 2016

Cara Cepat Mengobati Sariawan Melalui Pengobatan Tradisional

Baca Juga


Gerdusehat.com - Sariawan merupakan penyakit yang di sebabkan oleh pembengkakan atau peradangan yang terjadi pada lapisan mukosa mulut berupa bercak putih. Bercak itu dapat berupa tunggal atau kelompok. Sariawan biasanya terjadi pada bibir, lidah, gusi, rongga mulut, serta selaput lendir pipi bagian dalam.


Memang sariawan bukan tergolong penyakit mematikan, tetapi sangat mengganggu karena menyulitkan untuk makan, minum, dan berbicara. Sariawan bisa disebabkan dari beberapa faktor seperti alergi pada makanan, kebersihan mulut yang buruk, pemasangan gigi palsu, luka pada mulut, terlalu banyak pikiran.


Ciri khas dari sariawan yaitu kekurangan vitamin C, vitamin B, dan zat besi yang dapat menyebabkan jaringan di dalam rongga mulut dan jaringan penghubung antara gusi dan gigi mudah robek. Bila sudah parah sariawan dapat menyebabkan demam dan terasa nyeri.


Kurang minum air putih juga dapat memicu terjadinya sariawan. minum air putih kurang lebih 8 gelas perhari dapat mengatasi sariawan. Air putih akan mencegah mulut kering sehingga infeksi pada mulut dari bakteri resikonya akan lebih kecil.


Berikut ini merupakan cara mengobati sariawan melalui pengobatan tradisional:

  • Jeruk nipis
Jeruk nipis mengandung banyak vitamin C. Anda bisa menggunakan dengan cara memeras jeruk nipis kedalam gelas. Setelah itu teteskan menggunakan pinset pada luka sariawan.


  • Madu
Anda bisa menggunakan madu untuk mengobati sariawan dengan cara oleskan pada luka sariawan.


  • Bawang
Selain digunakan untuk bumbu pada masakan, bawang putih dapat menyembuhkan sariawan. Siapkan bawang putih cukup 1 biji. Potong bawang kecil-kecil. lalu tempelkan irisan bawang pada luka sariawan.


  • Garam
Gunakan air hangat untuk melarutkan garam pada gelas sedang. Setelah larut anda bisa melakukan dengan cara berkumur. Kandungan garam dipercaya dapat mengikat luka sariawan.


  • Baking soda
Larutkan baking soda dengan air hangat. Setelah larut anda bisa melakukan dengan cara berkumur. Atau bisa mencampurkan baking soda dengan sedikit air hangat sehingga berbentuk krim, kemudian oleskan pada luka sariawan.

  • Kunci
Rempah-rempah ini berbau wangi, biasanya digunakan pada sayur bayam untuk menyedapkan. Cara menggunakannya kunyah kunci sampai lembut, arahkan pada luka sariawan. Lakukan tiga kali sehari.

  • Lidah buaya
Tumbuhan satuni berkhasiat untuk mengatasi sariawan. Cara penggunaannya yaitu potong lidah buaya kecil-kecil. Oleskan pada luka sariawan. Lakukan secara rutin tiga kali sehari.

Artikel Terkait

Cara Cepat Mengobati Sariawan Melalui Pengobatan Tradisional
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email