Wednesday, June 8, 2016

Bulan Ramadhan, Selalu Jaga Pola Makan Anda Jika Tidak Ingin Berat Badan Naik

Baca Juga


Gerdusehat.com - Bulan suci Ramadhan, untuk kaum muslim tentunya menjalankan Ibadah Puasa selama satu bulan. Pakar kesehatan menyarankan agar pola makan masyarkat terjaga dengan baik dengan asupan makanan yang sehat dan seimbang, tentu kita akan memiliki daya tahan tubuh sangat baik.


"Jika pola makan di bulan Ramadhan harus di terapkan dengan baik mengingat selama seharian tidak makan dan minum, dalam sehari akan terjadi penurunan asupan makanan hingga 10-20 persen setiap harinya. Tetapi banyak orang yang justru mengaku bulan puasa adalah masa dimana berat badanya mengalami kenaikan," tutur pakar kesehatan dari Rumah Sakit Hasan Sadikin kota Bandung Jawa Barat, Asep Ahmad Munawar, SKM. MKM.

Gerdusehat.com

Secara frekuensi memang kita hanya makan besar dua kali yaitu saat sahur dan buka puasa. Namun kuantitas makanan yang di konsumsi ternyata cenderung meningkat, khususnya makanan yang mengandung karbohidrat dan protein. Bisanya pada saat buka puasa banyak orang makan dengan berlebihan. Jika hal itu terjadi kenaikan berat badanpun akan meningkat.


Menurut Asep Ahmad Munawar, pada saat sahur obalah mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat seperti nasi atau roti sehingga rasa kenyang akan terasa lebih lama dan bisa berimbas pad tubuh yang tetap segar seharian meskipun tidak makan dan minum. Namun jangan lupa sayuran dan buah-buahan yang kaya serat sehingga bisa menjaga perut tetap kenyang.


Saat berbuka cobalah mengendalikan diri dengan tidak mengkonsumsi makanan berat terlalu banyak namun mencoba minuman manis yang lebih cepat di serap oleh tubuh. Berilah jeda setelah anda berbuka dengan makanan berat sehingga saluran penernaan tidak menglami masalah.

Artikel Terkait

Bulan Ramadhan, Selalu Jaga Pola Makan Anda Jika Tidak Ingin Berat Badan Naik
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email